top of page

Redam Efek Corona, Bank Of Japan Siap Gelontorkan Dana Tanpa Batas

Gejolak kurs membuat cadangan devisa banyak tergerus untuk stabilisasi kurs sepanjang tahun ini. Menurut AFP, keputusan bank sentral melepaskan senjata baru dalam memerangi deflasi itu, membuat yen terjun namun mendorong indeks saham Nikkei 225 melonjak lebih dari tiga persen karena investor menyambut baik langkah tersebut. Sementara itu, keinginan Jepang untuk membuat mata uang digital sendiri tidak lepas dari keberhasilan Cina membuat CBDC sendiri, dan sebagai antisipasi dari digital yuan Cina yang ditakutkan akan berdampak pada ekonomi Jepang. Meski begitu, sejauh ini Bank of Japan akan membentuk tim peneliti untuk CBDC dan bekerja sama dengan negara lain untuk mengadakan penelitian tersebut, Jepan pun berkolaborasi dengan bank sentral di Kanada, Inggris, Uni Eropa, Swedia dan Swiss. "Meskipun kegiatan ekonomi secara bertahap akan dilanjutkan, ekonomi Jepang akan tetap dalam kondisi parah untuk saat ini," kata bank sentral dalam sebuah pernyataan.

Tren ini sangat kontras dengan ekonomi utama lainnya yang para bankir sentral ingin mengakhiri kebijakan pelonggarannya. Nilai tukar yen Jepang terhadap dolar AS menguat 1,5 persen menjadi 103,67 yen per dolar AS, penguatan tertinggi terbesar sejak 24 Juni, ketika Inggris meninggalkan Uni Eropa. Angka indeks dalam sesi perdagangan hari ini sempat turun, sebelum akhirnya pulih kembali berkat pembelian lebih tinggi dari Exchange-Traded Funds (ETF), sehingga naik 92,43 poin, atau sekitar 0,56 persen, dari sesi sebelumnya, menjadi 16.569,27. GBPUSD – Melanjutkan nada positifnya, GBPUSD ditutup menguat di sekitar zona 1.24200 kemarin dengan Perdana Menteri Boris Johnson yang telah kembali melakukan aktifitas kenegaraannya. Dirinya diharapkan akan mengumumkan rencana untuk melonggarkan skema penguncian nasional pada awal pekan ini.

pt. solid gold ataupun saran juga diperlukan untuk saling menguatkan dan juga menghindari tumpang tindih kekuasaan. Pada perdagangan Senin (15/6), tren penguatan IHSG menunjukkan penguatan pada sektor pertambangan dan perbankan yang menjadi rekomendasi saham harian.


Pada hari yang sama, Badan Pusat Statistik akan mengumumkan perkembangan ekspor impor selama Juli 2020. Kamis depan, bank sentral juga akan merilis hasil rapat dewan gubernur dan Jumat menyampaikan kondisi utang luar negeri Indonesia. Di Indonesia, hari ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk memimpin pertemuan terbatas terkait dengan percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 dan mendistribusikan modal kerja kepada pengusaha kecil dan menengah. Lalu, menteri senior untuk kelautan dan investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengadakan pertemuan terkait penggunaan Fly Ash dan Bottom Ash untuk sektor listrik. Jumlah responden Tankan Survey sebanyak 11.066 perusahaan skala kecil, menengah, dan besar.

Di AS, data produksi industri dan penjualan ritel akan memberikan petunjuk tentang daya tahan kenaikan setelah perbaikan terlihat pada data Mei. Dari 33 sub sektor di Tokyo, 10 berada di posisi merah, dipimpin oleh sekuritas dan perbankan setelah rekan-rekan keuangan A.S. mereka kehilangan tekanan pada hari Jumat menyusul kinerja mereka yang baru-baru ini kuat. Pergerakan di ekuitas Jepang terbatas pada kisaran sempit dengan kehadiran investor asing yang kurang karena penutupan pasar utama lainnya di hari Natal untuk Natal.

Stimulus pembelian obligasi tanpa batas ini ditujukan agar biaya pinjaman tetap rendah sementara Indonesia berusaha keluar dari krisis ekonomi lantaran pandemi. Penggunaan Talangan Sementara dan Reksadana Pasar Uang yang akan dijualkan secara otomatis sebagai pembayaran atas pembelian instrumen keuangan dan berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan. Bank Sentral Jepang (BOJ) memutuskan untuk tetap mempertahankan kebijakan moneternya dan meningkatkan penilaian terhadap belanja modalnya. Selain menunjuk Shimizu, BOJ juga memutuskan pada hari Senin untuk memperpanjang tanggung jawab direktur eksekutifnya Shinichi Uchida, yang telah mengawasi urusan internasional, untuk memasukkan kebijakan moneter. Penunjukannya untuk jabatan birokrat papan atas Bank of Japan kemungkinan merupakan bagian dari upaya bank sentral untuk mendiversifikasi manajemennya.

Recent Posts

See All
bottom of page